Minggu, 31 Oktober 2010

future streetball indonesia

sering masuknya olah raga ini keindonesia, maka merebaklah streetball indonesia. mengingat streetball ini jenis olah raga bola basket yang bisa dimainkan dimanapun dan kapanpun, memudahkan kita untuk mangenal dan memahaminya.
namun, tetap saja dalam awal perkembangannya mengalami sedikit masalah. pada saat itu streetball masih dipandang sebelah mata oleh insan basket indonesia. karena, streetball dinilai sebagai pemainan bias, yang semua orang bisa memainkannya baik dikompleks rumah, sekolah-sekolah, lapangan umum, maupun lapangan biasa lainnya. hal ini disebabkan karena tidak adanya perbedaan signifikan antara basket konfensional dan streetball dalam hal memainkannya sehingga tidak ada yang spesial dari fenomena ini.
saat ini komunitas-komunitas streetball sudah ada. tetapi, sebatas komunitas saja, belum ada yang melihat streetball sebagai hal yang menarik. akan tetapi, banyak juga pemain streetball yang melangkah kejalur pro. sebutlah beberapa nama seperti okky tamtelahitu, marlon adi rangga, dan nama-nama lainnya. turnamen streetball sebelumya pernah diselenggarakan seperti adidas streetball, yang para juaranya dikirim keluar negeri untuk mewakili streetball indonesia. namun, tidak adanya kontinuitas dari turnament tersebut, dan kurang nya antusias dari masyarakat, turnament itu berlalu begitu saja.
pada 2001, produsen sepatu terkenal dari mancana negara (nike), membentuk tim basket entertainment pertama diindonesia. alasannya tiada lain karena saat itu, iklan salah satu produknya adalah bertemakan freestyle, booming dan nike ingin memanfaatkan moment itu sebaik-baiknya. sehingga, dijakarta, pada 9 juli 2001, resmilah lahir tim nike freestyle indonesia.
tim yang dimotori Nyong CS, menyuguhkan atraksi keahlian freestyle ball handling bola basket. mereka pun sempat tampil dibeberapa tempat. pada saat itu, streetball masih bukan hal yang istimewa. sampai pada akhir 2001 masuklah AND1 Mixtape keindonesia.
pada 26 februari 2002, remilah terbentuk "future streetball", yaitu komunitas streetball pertama kali yang mempunyai home base di lapangan saparua, bandung.
pada awal 2003, future streetball mengeluarkan video profile mixtape streetball pertama di indonesia. video ini berisi highlight-highlight permainan bola basket dari future streetball.
lalu mereka mencoba membuat event-event turnamen streeball, seperti, LA light streetball, crushbone basketball, dan yang lainnya.
kini streetball tidak sekedar menjadihiburan semata. tetapi, streetball juga menjadi sarana kegiatan positif bagi generasi muda indonesia untuk menyalurkan diri mereka, terutama pada sisi kreatifitasnya. jadi, streetball secara tidak langsung telah menjadi salah satu cara untuk mengangkat negara ini dari kebobrokan sistem yang ada dengan cara menambah kualitas sumber daya manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar